Ticker

6/recent/ticker-posts

Header Ads Widget

4 OTG Dari PT Medco, Ini Langkah Gugus Tugas Covid-19


Idi - Tim Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Aceh Timur mengambil langkah cepat terhadap 4 pekerja yang positif Covid-19 dengan mengadakan rapat teknis dengan perwakilan PT Medco tempat para pekerja tersebut bertugas (Jum'at, 07/08/2020).

 

Rapat yang dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dari Diskominfo Aceh Timur tersebut bertempat di Posko GTPP Covid-19 BPBD Aceh Timur dihadiri Ashadi (Kepala BPBD), dr. Edi Gunawan (Jubir GTPP Covid-19/Direktur RSUZM), Sahminan (Kadinkes), Khairul Rijal (Kadiskominfo), AKP Salmidin (Kabag Ops Polres Aceh Timur), Mansyurdin (Sekdis Perindustrian dan Nakertrans) dan Bobi (Kodim 0104 Aceh Timur) serta Gita (Humas PT Medco).

 

Dr. Edi selaku Jubir Gugus Tugas menyampaikan apresiasi terhadap PT. Medco yang sigap dalam mendeteksi pekerja yang terindikasi positif Covid-19 dan meminta untuk dapat disediakan tempat isolasi mandiri oleh PT Medco agar tidak berbaur dengan masyarakat. 

 

Hal senada disampaikan oleh Ashadi yang juga selaku Kepala Pusdalops bahwa sesuai Inpres Nomor 6 Tahun 2020 penyedia tempat dan fasilitas umum termasuk tempat kerja bertanggungjawab terhadap pengendalian dampak Covid-19 di area masing-masing dan mengharapkan PT Medco ke depan untuk dapat terus berkoordinasi dengan Gugus Tugas dengan memberi laporan secara rutin dan up to date.

 

Selain itu, jika PT Medco membutuhkan, maka armada water canon Polres siap digunakan untuk melakukan penyemprotan disinfektan dalam area kerja PT Medco tambah AKP Salmidin (Kabag Ops Polres Aceh Timur).


Di sisi lain, Kadinkes Sahminan mengharapkan agar PT Medco dapat menerbitkan Surat Perintah resmi dari perusahaan kepada pekerja tersebut untuk melakukan isolasi mandiri sehingga proses karantina akan lebih efektif dan berjalan dengan lancar.

 

Gita menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gugus Tugas dan menginformasikan bahwa PT Medco sudah melakukan protokol kesehatan yang ketat dengan memberlakukan shift kerja bulanan dan setiap karyawan yang masuk area kerja wajib tes swap/PCR. 


Terhadap masukan dari Gugus Tugas kami akan menyampaikan ke pihak manajemen dan langsung melaporkan kembali hasilnya kepada Gugus Tugas pada kesempatan pertama, apalagi sudah ada dasar hukum yang kuat yaitu Instruksi Presiden, ujar Gita. (*)